Model Kolaborasi Reading-Writing Connection Sebagai Upaya Inovatif Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Indonesia

izzah, izzah and Mukmin, Suhardi (2011) Model Kolaborasi Reading-Writing Connection Sebagai Upaya Inovatif Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Kependidikan . ISSN 14108054 (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (681Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Mb) | Preview

      Abstract

      Pembelajaran Bahasa Indonesia di Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian (UPT MPK) Universitas Sriwijaya selama ini terasa belum maksimal. Hal ini disebabkan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang bermuara pada keterampilan menulis belum tereapai secara maksimal. Mahasiswa masih kesulitan ketika akan menulis. Untuk itu, ditawarkan satu model yang lebih praktis daripada model yang selama ini terdapat di dalam buku ajar terbitan UPT MPK Unsri. Model ini merupakan inovasi baru yang tidak menyaingi, tetapi berusaha memperbaiki model penulisan esai yang lama. Dan hasil survey. wawancara, dan angket terhadap sejumlah mahasiswa. semester 1 dan dosen Bahasa Indonesia di UPT MPK diketahui bahwa mahasiswa memang kesulitan menerapkan model yang lama. Mereka berpendapat bahwa draf model kolaborasi reading writing connection yang ditawarkan terkesan lebih praktis dan mudah diaplikasikan karena selain mengetengahkan teori juga di lampiri beberapa contoh esai yang aktual dan dapat dijadikan contoh untuk menulis esai.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Tulisan Esai,Model Kolaborasi Reading-Writing Connection
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Language and Arts Education > Indonesian Language and Literature Education
      Depositing User: mrs izzah suhardi
      Date Deposited: 07 Feb 2013 13:38
      Last Modified: 07 Feb 2013 13:38
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1713

      Actions (login required)

      View Item