Rencana Pelajaran pada Topik Pengenalan Insekta dengan Pendekatan Model Pengajaran Langsung Pada Pelajaran Sains Biologi SMP

Riyanto, Riyanto (2005) Rencana Pelajaran pada Topik Pengenalan Insekta dengan Pendekatan Model Pengajaran Langsung Pada Pelajaran Sains Biologi SMP. makalah seminar kenaikan pangkat ke lektor, - (-). pp. 1-11. ISSN -

[img]
Preview
PDF (-) - Published Version
Download (63Kb) | Preview

    Abstract

    Tulisan ini mencoba memaparkan secara singkat bagaimana rencana pelajaran (RP) pada topik pengenalan insekta dengan pendekatan model pengajaran langsung pada pelajaran sains biologi SMP. RP dibuat dengan pendekatan CTL dan model pengajaran langsung. Pendekatan CTL mencakup tujuh unsur atau prinsip utama, yaitu kontrukstivisme (Contructivism), menemukan (Inquiry), bertanya (Questioning), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection) dan penilaian yang sebenarnya (Authentic Assesment). Di dalam kelas PBI, peran guru berbeda dengan kelas tradisional. Peran guru di dalam kelas pada model pengajaran langsung antara lain sebagai berikut: 1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa. 2. Mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan. 3. Membimbing pelatihan. 4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. 5. memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. RP pada topik pengenalan insekta dengan pendekatan model pengajaran langsung pada pelajaran Sains Biologi SMP sangat tepat, model pengajaran langhsung merupakan aplikasi dari pendekatan CTL. Oleh karena itu diharapkan para guru biologi SMP dapat menerapkannya di sekolah. Pendekatan CTL dan pengajaran langsung perlu diterapkan sehingga pelajaran di sekolah lebih bermakna

    Item Type: Article
    Additional Information: -
    Uncontrolled Keywords: RPP, Insekta, Model Pengajaran langsung
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: riyanto Ry yanto
    Date Deposited: 04 Feb 2013 09:08
    Last Modified: 04 Feb 2013 09:08
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1631

    Actions (login required)

    View Item