Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep

Abdullah, Muhammad Yusuf (2012) Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep. In: Seminar Nasional Fisika, 4 Juli 2012, Palembang.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    Kebanyakan guru fisika mengajarkan fisika dengan memberikan rumus-rumus matematik. Oleh siswa, rumus-rumus itu dihafal, untuk kemudian digunakan dalam latihan pemecahan soal-soal. Strategi pengajaran seperti ini tidak banyak membantu siswa dalam memecahkan soal lain dengan konteks yang sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan siswa tidak memahami konsep yang relevan untuk menyelesaikan soal yang dihadapi. Makalah ini memaparkan strategi pengajaran fisika yang efektif, yakni memberikan pemahaman konseptual lebih dulu sebelum memberikan rumus-rumus matematik. Strategi ini didasarkan pada hasil-hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Kata kunci: Strategi Pengajaran Fisika, Konsep Fisika, Pemahaman Konseptual

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Mr Muhammad Yusuf Adullah
    Date Deposited: 25 Jan 2013 00:32
    Last Modified: 04 Jun 2013 04:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1608

    Actions (login required)

    View Item