MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Abdullah, Muhammad Yusuf (2009) MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. In: Seminar Nasional Pendidikan, 14 Mei 2009, Palembang. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (114Kb) | Preview

    Abstract

    Konsep fisika dapat direpresentasikan dalam banyak format (multirepresentasi). Namun selama ini fisika lebih banyak diajarkan melalui rumus-rumus matematik, dengan sedikit sekali mengajarkan makna fisis dari rumus-rumus tersebut. Padahal matematik hanyalah salah satu format representasi. Representasi-representasi lain yakni representasi verbal, gambar atau diagram, dan representasi grafik masih sedikit sekali digunakan dalam pembelajaran. Dari banyak hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan multirepresentasi dapat membantu siswa/mahasiswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Makalah ini memaparkan pengertian multirepresentasi, mengapa menggunakan multirepresentasi, dan bagaimana menggunakan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Physics Education
    Depositing User: Mr Muhammad Yusuf Adullah
    Date Deposited: 25 Jan 2013 00:32
    Last Modified: 04 Jun 2013 04:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1607

    Actions (login required)

    View Item