MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA DAN BERKARAKTER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPS YANG INOVATIF *)

Chotimah, Umi (2010) MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA DAN BERKARAKTER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPS YANG INOVATIF *). Prosiding Seminar Internasional "Pendidikan Karakter Bangsa & Integritas Publik".

[img]
Preview
PDF (Prosiding Seminar Internasional Pendidikan Karakter & Integritas Publik) - Submitted Version
Download (735Kb) | Preview

    Abstract

    Untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang berbudaya dan berkarakter guna tidak tergeser, diantaranya sebagai akibat dari pengaruh globalisasi, maka diperlukan upaya-upaya untuk mempertahankannya, diantaranya melalui proses pendidikan, terlebih lag] IImu Pengetahuan Sosial (IPS), hal ini mengingat melalui matapelajaran IPS peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Bercermin pada pada kenyataannya selama ini pelajaran IPS tidak diunggulkandan proses pembelajarannya banyak terdapat kelemahan, maka perlu diterapkan model pembelajaran IPS yang inovatif, diantaranya dengan menerapkan pembelajaran terintegrasi (Integrated Learning); pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), belajar sambi! melakukan (learning by doing). Dengan demikian diharapkan pembelajaran IPS dapat berkontribusi terhadap pembangunan karakter bangsa Indonesia yang berbudaya dan berkarakter. Kata kunci : karakter, budaya, IPS, Contextual Teaching and Learning (crL), Cooperative Learning, Learning by Doing.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Pancasila and Civics Education
    Depositing User: Dra. Umi Chotimah M. Pd., Ph.D
    Date Deposited: 06 Nov 2012 15:48
    Last Modified: 06 Nov 2012 15:48
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1424

    Actions (login required)

    View Item