VARIASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS

Riyanto, Riyanto (2007) VARIASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS. Forum Kependidikan, 29 (2). pp. 120-126. ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (461Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mengetahui penggunaan media bervariasi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran sains. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak lima kali. Keaktifan siswa dinyatakan dalam 5 indikator, yaitu 1. Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2. Siswa bertanya kepada guru, 3. Siswa menjawab pertanyaan guru atau teman, 4. Siswa mengerjakan tugas, 5. Siswa membuat catatan yang diperolehnya. Hasil belajar siswa diukur dengan tes yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil belajar ini dapat digunakan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I adalah 54,55 % dan siklus II adalah 72,33%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, yaitu 6,40 % dengan ketuntasan 63,33% dan siklus II, yaitu 7,62 % dengan ketuntasan belajar 86,67%. Hasil belajar ini jauh melebihi rata-rata sebelum tindakan, yaitu 5,52 % dengan ketuntasan belajar 44,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media yang bervariasi dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan keaktifan siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Kata kunci : variasi media, keaktifan siswa, hasil belajar

    Item Type: Article
    Additional Information: Sumber bacaan untuk peneliti PTK
    Uncontrolled Keywords: variasi media, keaktifan siswa, hasil belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: riyanto Ry yanto
    Date Deposited: 13 Oct 2012 19:57
    Last Modified: 13 Oct 2012 19:57
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1356

    Actions (login required)

    View Item