Pelayanan Publik : Solusi Atau Kolusi

Lionardo, Andries (2007) Pelayanan Publik : Solusi Atau Kolusi. Sriwijaya Post. p. 13.

[img]
Preview
PDF
Download (952Kb) | Preview

    Abstract

    Reformasi administrasi publik akan terwujud jika terpenuhinya tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Pendekatan kekuasaan dan kapitalisasi kepentingan dalam melaksanakan pelayanan publik justru akan manjauhkan hakikat pelayanan publik itu sendiri. Pelayanan publik haruslah mencerminkan penilaian terhadap kinerja sebagai ukuran keberhasilan suatu organisasi publik dalam mencapai misinya. Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik adalah dengan menegakkan dan menguatkan dasar mindset aparat birokrasi pada prinsip-prinsip moral yang harus berakhlak, bukan penyalahgunaan kekuasaan, penyelewengan keuangan dan pemanfaatan jabatan untuk tujuan-tujuan yang tidak bermoral. Artikel ini menggambarkan esensi pelayanan publik yang harus menjadi katalisator (penggerak) dengan penguatan profesional aparatur dalam melayani masyarakat sebagai objek pelayanan publik. Aparatur birokrasi yang professional akan berbanding lurus dengan hasil kinerja pelayanan publik Apabila harapan ini terealisasi, maka buruknya kinerja pelayanan publik akan mendapatkan solusi.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Reformasi Pelayanan Publik,Profesionalitas,Kinerja
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
    Depositing User: Rudi Kule
    Date Deposited: 02 Oct 2012 10:10
    Last Modified: 02 Oct 2012 10:10
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1305

    Actions (login required)

    View Item