Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional

Riyanto, Riyanto Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri, - (-). pp. 1-12. ISSN -

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (181Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan unutk mendapatkan informasi tentang kelayakan atau kemampuan calon guru biologi FKIP Unsri dalam membuat perencanaan pembelajaran dari lampiran hasil penelitian pada skripsi dalam rangka memepersiapkan calon guru profesional. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai masukkan untuk peneliti dan dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel 90 perencanaan pembelajaran adalah 26,23 % yang diambil dari lampiran skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pedoman skor mengunakan buku pedoman FKIP Unsri 2005/2005 dan aspek yang dinilai menggunakan buku pedoman sertifikasi guru DIKTI 2008. Hasil penelitian menunjukkan jumlah calon guru biologi yang mendapatkan nilai kategori sangat baik (A) adalah 78,88 %, kategori baik (B) 21,12 %, dan rerata total termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 90,44. Untuk calon guru yang mendapatkan nilai kategori cukup (C), kurang (D) dan sangat kurang (E) tidak ada atau 0 %. Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran 99,11 termasuk kategori sangat baik, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar 91,22 termasuk kategori sangat baik, pemilihan sumber/media pembelajaran 82,22 termasuk kategori baik, skenario atau kegiatan pembelajaran 90,22 termasuk kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar 89,22 termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat calon guru biologi FKIP Unsri, seluruhnya dinyatakan layak dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, skenario atau kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar termasuk kategori sangat baik sedangkan pemilihan sumber/media pembelajaran termasuk kategori baik.

    Item Type: Article
    Additional Information: RPP merupakan pedoman bagi guru untuk aktivitas belajar mengajar di kelas
    Uncontrolled Keywords: Penilaian, Perencanaan Pembelajaran (RP, SP dan RPP) dan Pendidikan Biologi FKIP Unsri
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
    Depositing User: riyanto Ry yanto
    Date Deposited: 21 Jul 2012 21:37
    Last Modified: 21 Jul 2012 21:51
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1113

    Actions (login required)

    View Item