Penilaian Insektarium sebagai Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Seranggga pada Mata Kuliah Entomologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri

Riyanto, Riyanto (2011) Penilaian Insektarium sebagai Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Seranggga pada Mata Kuliah Entomologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri 2011, 1 (1). pp. 1-17. ISSN 979-587-396-2

[img]
Preview
PDF
Download (702Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (702Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penilaian insektarium sebagai media pembelajaran materi klasifikasi serangga pada mata kuliah entomologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel insektarium 17 kotak, insektarium diambil dari tugas mahasiswa pada mata kuliah entomologi di Pendidikan biologi FKIP Unsri. Pedoman rentang angka untuk penilaian mengunakan buku pedoman FKIP Unsri 2009/2010. Hasil penilaian menunjukkan insektarium yang mendapatkan nilai kategori sangat baik (A) dengan rerata 88,75 adalah 23 %, kategori baik (B) dengan rerata 79,75 adalah 71 %, dan kategori cukup (C) dengan rerata 67,00 adalah 6 %. Insektarium yang mendapat nilai kategori kurang (D) dan sangat kurang (E) tidak ada atau 0 %. Pada umumnya, aspek ketepatan meletakkan spesimen dalam taksa, wakil tipe metamorfosis hemimetabola dan holometabola, keutuhan morfologi spesimen dan kesalahan spesimen, kelayakan kotak insektarium, penulisan nama ilmiah dan perekatan spesimen dalam insektarium dengan skor = 4. Ke lima aspek tersebut dinyatakan standar. Aspek wakil ordo dan genus dalam klasifikasi serangga, wakil serangga primitif dan modern, wakil serangga dari habitat terestrial dan akuatik, wakil serangga nokturnal dan diurnal dan wakil serangga bermanfaat dan merugikan dengan skor < 4, sehingga dinyatakan belum memenuhi standar. Rerata seluruh aspek ketepatan meletakkan spesimen dalam taksa, wakil tipe metamorfosis hemimetabola dan holometabola, keutuhan morfologi spesimen dan kesalahan spesimen, kelayakan kotak insektarium, penulisan nama ilmiah dan perekatan spesimen dalam insektarium termasuk kategori sangat baik (A), sedangkan Wakil ordo dan genus dalam klasifikasi serangga, wakil serangga primitif dan modern, wakil serangga dari habitat terestrial dan akuatik, wakil serangga nokturnal dan diurnal dan wakil serangga bermanfaat dan merugikan termasuk kategori baik (B). Insktarium yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi serangga di mata kuliah entomologi Program studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri yang berkategori sangat baik, mempunyai aspek standar dan rerata aspek sangat baik.

      Item Type: Article
      Additional Information: media sebenarnya sebagai sumber untuk belajar entomologi
      Uncontrolled Keywords: Penilaian, Insektarium, dan Pendidikan Biologi
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Mathematics and Sciences Education > Biology Education
      Depositing User: riyanto Ry yanto
      Date Deposited: 16 Jul 2012 17:21
      Last Modified: 21 Jul 2012 21:47
      URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1098

      Actions (login required)

      View Item