MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN BEBERAPA ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Chotimah, Umi MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN BEBERAPA ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN. Proceeding Seminar Nasional. ISSN 979-587-390-3

[img]
Preview
PDF (Proceeding Seminar Nasional) - Submitted Version
Download (66Kb) | Preview

    Abstract

    Akhir-akhir ini pendidikan karakter menjadi issue yang hangat dibicarakan, terlebih lagi sejak dua tahun terakhir secara berturut-turut (tahun 2010 dan 2011) dijadikan sebagai tema peringatan Hari Pendidikan Nasional oleh Mentri Pendidikan Nasional. Walaupun sesungguhnya masalah karakter tersebut sudah dimuat di dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tepatnya di dalam pasal 3 tentang tujuan dan fungsi pendidikan nasional. Saking pentingnya pendidikan karakter, maka Kementrian Pendidikan Nasional menetapkan grand design pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan, yang menjadi rujukan konseptual dan operasional pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang pendidikan. Dalam sistem pendidikan, pembentukan karakter dapat dilakukan baik secara makro (perencanaan, implementasi dan evaluasi hasil) maupun secara mikro berupa kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan keseharian berupa budaya satuan pendidikan, ko-kurikuler dan atau ekstrakurikuler serta keseharian di rumah, dan dalam masyarakat. Sehubungan dengan pembentukan karakter dalam kegiatan belajar di kelas, maka hendaknya guru menerapkan berbagai alternatif pendekatan, diantaranya Pendekatan Penanaman Nilai (inculcation approach), Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif (cognitive moral development approach), Pendekatan Analisis Nilai (values analysis approach), Pendekatan Klarifikasi Nilai (values clarification approach), dan Pendekatan Pembelajaran Berbuat (action learning approach). Kata Kunci : Pendidikan karakter, gand design, Pendekatan Penanaman Nilai, Perkembangan Moral Kognitif, Analisis Nilai, Klarifikasi Nilai dan Pendekatan Pembelajaran Berbuat

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Pancasila and Civics Education
    Depositing User: Dra. Umi Chotimah M. Pd., Ph.D
    Date Deposited: 10 Jul 2012 21:30
    Last Modified: 10 Jul 2012 21:30
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1077

    Actions (login required)

    View Item