PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF PADA MATAPELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Chotimah, Umi PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF PADA MATAPELAJARAN PKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Laporan Penelitian. (Submitted)

[img]
Preview
PDF (Laporan Penelitian) - Submitted Version
Download (221Kb) | Preview

    Abstract

    “Pengembangan instrumen Penilaian Domain Afektif Pada Matapelajaran PKn di Sekolah Menengah Pertama”, yang bertujuan untuk mengembangkan dang menghasilkan model penilaian domain afektif untuk mengukur kemampuan afektif siswa SMP pada matapelajaran PKn. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dari tiga SMP Negeri di kota Palembang. Teknik Sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam hal ini menggunakan skala likert, skala thurstone dan semantik differential. Data dianalisis dengan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Simpulannya bahwa pengembangan dan penerapan instrumen penilaian domain afektif pada matapelajaran PKn SMP akan efektif mencapai tujuan apabila pengembangan tersebut memperhatikan segi teknis dan substansinya. Dari segi teknis, mulai dari menyusun kisi-kisi instrumwn, menulis kaliamat atau bahasa yang jelas, singkat, tidak bermakna ganda dan tidak menimbulkan ambiguity, adanya urutan dan keseimbangan jumlah item favorable dan unfovorable, disamping itu dari segi substansi materi pelajaran yang vbersifat afektif fan relevan untuk mengukur aspek afektif, apakah berupa nilai, sikap, moral dan lain-lain. Kata kunci : skala likert, skala thurstone dan semantik differential

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Pancasila and Civics Education
    Depositing User: Dra. Umi Chotimah M. Pd., Ph.D
    Date Deposited: 10 Jul 2012 21:29
    Last Modified: 10 Jul 2012 21:29
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1076

    Actions (login required)

    View Item