PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING

Chotimah, Umi (2007) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING. Forum Kependidikan, 27 (1). ISSN 0215-9392

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmiah) - Published Version
Download (181Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dalam pembelajaran Telaah Kurikulum SMP dan SMA (TKSS) mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Unsri. Selama ini perkuliahannya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, ternyata terdapat kelemahan di antaranya mahasiswa bersifat pasif dan hanya 15 % yang memperoleh nilai A. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta kuliah TKSS tahun akademik 2005/2006 yang berjumlah 24 orang. Prosedur pelaksanaan dilakukan dua siklus dengan empat tahap masing-masing siklus : a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi dan d) analisis data dan refleksi. Data yang diperoleh berupa keaktifan dan hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari setiap siklus, diketahui bahwa model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi mahasiswa. Kata-kata kunci: Keaktifan, Prestasi belajar, Cooperative Learning, Think-Pair-Share

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Faculty of Teacher Training and Science Education > Department of Social Sciences Education > Pancasila and Civics Education
    Depositing User: Dra. Umi Chotimah M. Pd., Ph.D
    Date Deposited: 10 Jul 2012 21:29
    Last Modified: 10 Jul 2012 21:29
    URI: http://eprints.unsri.ac.id/id/eprint/1075

    Actions (login required)

    View Item